Dear Moms and Dads,

Saya masih baru di milis ini dan berharap mendapatkan petunjuk/input dari
para Ibu/Bapak yang lebih berpengalaman dengan putra-putrinya.

Ok, to the point aja, anak saya Stevan, umur 5,5 bulan dengan BB 8,9 kg & PB
68,5 cm, 2-3 hari terakhir ini mogok makan. Rabu kemarin (31-Des-03) memang
saya bawa ke DSA dan ternyata anak saya kena Campak Rubella/Jerman. Diberi
obat oleh DSA dan syukur campak-nya telah hilang (setidaknya secara visual
menurut pengamatan kami). Namun anak saya menolak makanan yang biasa saya
berikan. Bubur bayi tidak mau. Pisang dan jeruk kadang mau kadang tidak. ASI
sedikit saja. O iya, anak saya saya berikan ASI secara eksklusif selama 4
bulan setelah itu saya mencoba untuk memberikan makanan tambahan, walaupun
belum ketemu menu yang 'cocok'.
Yang ingin saya tanyakan:
1. Adakah aksi mogok makan tersebut normal? (Dikarenakan sakit campaknya
mungkin?)
2. Pada hari lain pun (sebelum kena campak) anak saya sepertinya sulit
makan. Selalu menolak walau kadang makan juga. Untuk ASI yang semula tidak
rewel, belakangan ini jadi rewel dan kalaupun mau tidak lama. Adakah
Ibu/Bapak mengalami hal yang sama? Adakah saran untuk menu yang mungkin
lebih 'baby-friendly'?

Kami sangat mengharapkan saran/petunjuk dari Ibu/Bapak, terutama cara
mengatasi kesulitan makan bayi saya dan bagaimana cara membuat makanan/menu
yang lebih disukai bayi. Terus terang, saya dan suami sampai stress bila
menghadapi masalah ini (FYI, BB anak kami untuk 1 bulan terakhir sama dengan
sebelumnya). Maklum ini anak pertama kami.

Mohon maaf bila pertanyaanya terlalu panjang. Terima kasih sebelumnya.

Salam,
Mama-nya Stevan.