Kayaknya biasa deh bayi umur segitu nafasnya bunyi.
Tapi bisa jadi juga karena ada lendir di saluran pernafasannya.
Atau bisa juga karena alergi .... alergi dingin kali.
Dulu Divavenus juga begitu, trus sama DSA nya di beri obat alergi, tapi gak
sembuh (berarti bukan karena alergi)
Akhirnya  tiap pagi bangun tidur dia saya beri minum air putih lalu dijemur
sambil ditepuk-tepuk
punggung dan dadanya. (ini saran DSA nya juga)
Gak lama lendirnya keluar bersama BAB dan nafasnya jadi normal lagi.

Entahinimembantuapanggak

                      Yos Vincenzo

                      <[EMAIL PROTECTED]

                      hoo.com>         To:     [EMAIL PROTECTED]

                                       cc:

                      20-01-04 10:58   Subject:

                      PM                       [balita-anda] Bayi napas berbunyi

                      Please respond

                      to balita-anda

Hi bapak ibu,

saya punya anak lelaki, baru berumur 1 minggu. waktu lahir beratnya 3.68kg dan
panjang 51. Kelihatannya sehat dan baik. Selama 4 hari pertama dia dirawat oleh
suster di rumah sakit (karena istri saya cesar), hari ke 5 baru dibawa pulang.
Sebelum pulang saya tanya ke Dokter anak dia, katanya "anak nya bagus".

Sewaktu di rumah, baru kita menyadari bahwa napasnya kadang2 berbunyi. Bunyinya
seperti orang asma ( ngok2 ). Kalau lagi tidur bunyi pelan, tetapi kalau sedang
disusui, bunyinya kencang sekali, dan menurut saya, dia seperti kesulitan
menelan, jadi minum susunya lama ( 40ml bisa 10 menitan) dan dia sering berhenti
setelah beberapa kali hisapan ( seperti mengumpulkan tenaga ).

saya telah mencoba mencari info di internet, dan makin banyak baca, semakin
takut saya, karena saya mengetahui ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini
terjadi. Salah satunya adalah penyempitan jalur makanan dan pernapasan dan
karena jalurnya sempit, jadi berbunyi.

Yang saya heran, mengapa dokter anak dan suster2 yang merawatnya selama 4 hari,
tidak mengatakan apa2 kepada saya, suster hanya mengatakan kalau anak saya
menghisapnya lemah, itu pun setelah saya telp balik ke rumah sakit setelah
dibawa pulang.

Ada yang punya info, apakah ini berbahaya atau tidak ? Ada dokter anak lain yang
direkomendasikan di daerah Jakarta Timur ?

thanks

Yos