Dear Dr. Wati serta Ibu2/Bapak2:

      Untuk Ibu2 dan Bapak2 mungkin bisa sharing jika punya pengalaman yang sama.

      Anak saya sejak lahir sudah mempunyai bakat alergi. Pada waktu usia 3 bulan
ketika saya berikan formula, timbul bintik-bintik merah dan ternyata alergi terhadap
      susu sapi. Tetapi anak saya tidak diare hanya kadang2 suka muntah tapi tidak
berlebihan. Apakah ini karena alergi atau karena pencernaan/lambung yang kecil?
      Yang saya bingung apakah alerginya terhadap laktosa atau protein susu-nya? Saat
ini anak saya di beri formula soya (Isomil) untuk siang hari dan malam hari formula
biasa (Promil Gold 2). Susunya di kombinasi karena saya khawatir formula soya kualitas
gizinya kurang baik di banding dengan formula biasa. Tetapi kadang2 masih timbul juga
gatal2nya. Sekarang anak saya sudah berusia 9 bulan dan sudah makan makanan padat yang
di blender. Untuk menu saya memberinya variasi kentang/nasi, sayur-mayur, daging/ayam.
Mohon infonya makanan apakah yang menjadi pencetus alergi? Apakah perlu untuk di tes
alergi/melakukan tes darah di lab. untuk mengetahui anak saya alergi terhadap makanan
apa dan alergi terhadap zat apa yang terdapat dalam formula biasa/sapi? Apakah alergi
terhadap susu sapi atau makanan dapat hilang nantinya?

      Terima Kasih.

      Cheers,
      Ditta Anwiena