Date: 10/14/04 15:31:20
Subject: Re: [balita-anda] menghadapi teman sekolah yang nakal

Hehehe....jadi teringat film 'petualangan sherina'...

susah2 gampang yah. sebetulnya memang betul jangan ajarkan anak kekerasan
dilawan dengan kekerasan. anak bisa berperangai keras. soalnya nanti malah
jadi bumerang, dipikirnya si anak setiap dapat perlakuan keras dari orang
lain akan segera dibales dengan keras, padahal belum tentu perilaku keras
yang didapat memang perlu dibalas misal: karena dihukum oleh ortu, karena
dijahilin sama orang yang lebih muda atau karena tidak sengaja. Khan tidak
baik jika anak umur 2thn dipukul/terpukul oleh anak 1thn (karena belum tahu)
lalu dibalas. saran saya coba aja Ibu usahakan bisa langsung ngomong dengan
baik2 ke anaknya untuk tidak nakalin anak ibu lagi. jangan langsung jewer
tuh anak dari belakang...hehehe... biasanya sih anak kecil diomongin orang
gede udah takut...

jadi inget dulu saya saat kelas 3 sd pindah ke sekolah baru. nah di sd baru
ini ada anak yang nakalnya minta ampun. pokonya preman sana lah. saya juga
sering banget dinakalin mungkin karena anak baru yah. sering minta duit lah,
sering mukul lah. saya sih berusaha sabar aja dan juga menghindar tapi tuh
anak enggak berkurang nakalnya. akhirnya sampai suatu hari, dia pengen
nendang kaki saya. namun karena waktu sd saya masih pakai sepatu besi,
bukannya saya yang kesakitan malah dia yang biru-biru tulang keringnya kena
besi. akhirnya dia minta maaf. dan sejak itu enggak pernah nakalin saya lagi
dan malah jadi temen baik. emang sih kadang masih suka nakal juga sama yang
lain tapi kalau saya bilangin bisa ngerti dia. eh...sorry malah
curhat....jadi mungkin ajarkan saja anak untuk bisa bersabar dalam
menghadapi kekerasan. membela diri tidak selamanya harus melawan lho....