Mbak Indri, sakit tenggorokan untuk anak dibawah 4 tahun mostly penyebabnya adalah
virus. Jadi memang nggak
ada obatnya ya Mbak. Anaknya banyak diberikan minum air putih hangat saja trus maem
yang lembut-lembut dingin
seperti puding susu kan enak tuh nelen nya, atau bubur sagu. Banyak diberikan buah dan
sayuran serta makanan
bergizi. Maem yang berkuah juga bikin anak lebih nyaman seperti kuah sup, soto bening,
dll.

Saya copy paste mengenai radang tenggorokan dari notulen seminar Common Problems in
Pediatrics yach.

Semoga mbak dan buah hati cepat sembuh,
Dewi.

SORE THROAT/PHARYNGITIS (Radang tenggorokan dan infeksi amandel)
Penyebabnya umumnya infeksi virus. ARTINYA: akan sembuh sendiri – self limiting; dan
samasekali tidak
memerlukan antibiotik
Hanya sekitar 15% saja yg infeksinya disebabkan oleh kuman Streptococcus dan umumnya
menyerang anak usia 4 – 7
tahun. Dengan catatan, diagnosisnya harus berdasarkan biakan usap tenggorok

Tatalaksana
a) Banyak minum; minuman yg hangat akan memberikan rasa nyaman di tenggorokan. Kalau
anak sudah besar, bisa
diajarkan untuk kumur2 atau mengisap lozenges. Kalau panas atau kesakitan, berikan
paracetamol
b) Kalau hidung tersumbat, dapat diberikan tetes hidung NaCl dan menghirup uap panas.

Indri Febianti wrote:

> Dear All,
>
> Td pagi anak sy mengeluh sakit tenggorokan (umurnya 2 th 9 bl).
> Emang lagi musim ya... sy aja udah mulai sakit nih tenggorokannya.
> Pengennya sih ga pake minum obat.
> MOhon bantuannya ya info ttg mengobati sakit tenggorokan tanpa harus pake obat
> (trutama untuk anak balita)
> dan dimana bisa mendapatkannya?
>
> Trim bgt sebelumnya.
>
> Indri Febianti
> PT. MT Picture Display Indonesia
> 021-8970505 / 06 ext 161

DUKUNG situs Balita-Anda.Com sebagai Situs Terbaik Wanita & Anak 2004-2005 versi
Majalah Komputer Aktif, dengan ketik: POLL ST WAN 2
ke nomor 8811, selama 16 Okt sd. 30 Nov. 2004.
merchandise komputerakt!f bagi para peserta polling yang beruntung. Satu nomor ponsel
hanya berhak memberikan satu suara dukungan untuk tiap kategorinya. Polling ini
berlaku untuk pelanggan Telkomsel, Indosat maupun Excelcom dengan tarif Rp 1.500.