Jalaluddin Rahmat dalam bukunya Psikologi Komunikasi, menuliskan bahwa tayangan
TV akan menempati agama kedua bagi yang sering menontonnya.

Apa artinya ?, bahwa acara TV yang sering ditonton akan dipercaya, dianggap
benar dan akan mengendap alam bawah sadar, dan akhirnya akan merubah persepsi,
pola pikir dan tingkah laku termasuk modelling. Ini bisa berlaku tidak hanya
bagi anak-anak tapi juga bagi orang dewasa.

Karena sebagai agama kedua, maka yang sangat rentan terhadap pengaruh buruk TV
ini adalah mereka yang tidak bisa menyortir apa yang pantas dilihat seperti
anak-anak, termasuk mereka yang kurang memiliki nilai-nilai agama dan kurangnya
pendidikan.

Apalagi katanya sering menonton TV menyebabkan gangguan konsentrasi, meyebabkan
malas belajar.
Maka sudah seharusnya para orang tua mengontrol anak-anaknya dalam menonton TV.

Hanifa

Hanifa