Mbak Fira,

Kalau menurut saya, mainan itu perlu. Tentunya nggak mesti yg mahal.
Kayaknya dulu pernah ada yg posting mainan yg cocok sesuai perkembangan usia
anak deh....kalau aku sih dulu suka lihat di www.babycenter.com utk tahu
mainan apa yg sesuai...terus kalo kebetulan budgetnya cukup, beli deh versi
murahnya he..he..
Yg aku baca sih mainan utk anak co atau ce nggak perlu dibedain. ce bisa
mian mobil atau robot...co boleh main masak (Faris jg punya boneka Teddy
lho...suka pura² nyuapin teddynya, mandiin dll. Tapi memang kebanyakan
mainannya mobil²an)
O iya, waktu nonton TV acara balita ada pendapat ahli yg menurut saya sgt
baik mengenai mainan. Sekarang kan lagi in mainan edukasi, bahkan ada yg
berpendapat mainan yg canggih (remote car dll) kurang baik utk anak karena
daya imajinasi anak kurang, nggak kreatif...bla...bla...bla...Nah ahli tsb
bilang yg penting bukan jenis mainannya, tapi ortu harus mendampingi anaknya
main. Jadi jangan mentang² mainan edukatif, cth balok susun..anaknya main
sendiri...ibunya nonton TV, bapaknya baca koran :-) Percuma...pesannya nggak
nyampe. Walaupun anaknya main remote car, tapi kalo didampingi, dijelasin
bagian² mobil, kalo tuasnya kita gerakin kekanan. mobil akan belok kanan, ke
belakang mobil akan mundur dsb efeknya akan lebih baik dibanding yg dibeliin
mainan edukatif tapi dicuekin :-)

Terima kasih
Dini