Mas Yudi,
*       Setelah pulang imunisasi langsung dimandikan dengan air dingin, hal
ini kami dapatkan dari para bapak/ibu kalau datang berkunjung ke posyandu.
Juga telah dibenarkan oleh salah seorang bidan yang menolong kami.  Karena
saya pernah mengatakan bahwa anak saya setelah diimunisasi tidak panas dan
dijawab "karena barangkali setelah imunisasi langsung secepatnya dibawah
pulang untuk dimandikan air dingin".  Agar anak tidak terkejut dengan air
dingin, turunkan dulu kakinya perlahan-lahan lalu telapak tangan dan usapkan
keseluruh badan agar badan terendam semuanya dan jangan lupa usap juga
muka/kepala dan langsung angkat pakaikan handuk.
*       Untuk jam - secepatnya setelah selesai imunisasi.
*       Jenis imunisasi - semua imunisasi yang menimbulkan demam (seperti
DPT umpamanya, maaf kalau salah namanya) yang dilakukan kepada baby.
*       Posyandu di tempat tinggal kami - setiap selesai imunisasi yang
menimbulkan demam langsung diberikan/diteteskan "Tempra drop" sesuai
takarannya oleh bidan/perawat yang bertugas dan dibawah pengawasan dokter
SPA langsung.
*       Sekedar info, keluarga saya setiap saat menyediakan spare obat untuk
berjaga-jaga (seperti Tempra drop, paracetamol, decolgen sirop).  Dan obat
ini saya dapatkan dari rumah sakit/dokter perusahaan tempat saya bekerja.
Bahkan ada juga obat buang-buang air yang sangat manjur - maaf saya lupa
namanya, tetapi mudah-mudahan besok saya bisa e-mail tapi tidak janji yah?
Takut saya kalau janji-janji dan tidak ditepati.   Dan kenyataannya sangat
membantu sekali untuk anak-anak saya.  Alhamdulillah sampai saat ini tidak
terdapat hal-hal yang membahayakan, dan mudah-mudahan seterusnya.  Dan
obat-obat ini juga yang biasa diberikan dokter SPA jika anak saya bawa
berobat.  Jika saya rasakan anak mulai panas, saya berikan obat sesuai
takarannya betul sebelum saya bawa ke RS sambil saya monitor walaupun saya
dikantor.  Tetapi jika panas anak sudah turun, anak tidak saya bawa ke RS.
*       Saya pribadi berpendapat setiap anak saya bawa ke RS saya harus
was-was karena kita sama-sama ketahui bahwa di RS itu tidak hanya ada 1
macam penyakit yang akan diobati tetapi bermacam-macam.  Nah untuk
mencegahnya, jika anak tidak perlu benar saya bawa berobat ke RS saya tidak
akan bawa.

Wassalam,