[EMAIL PROTECTED] wrote:
>Bapak Ismoro, mungkin saya bisa kasi sedikit informasi...
> Saya punya anak dengan usia 1 bulan, karena kondisi istri tidak bisa
> memberikan ASI, maka anak saya sejak lahir sudah tidak dapat ASIi dan hanya
> diberi dengan susu kaleng.
> Dengan kondisi di atas, ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan :
>    Susu kaleng apa yg paling bagus untuk mengatasi kondisi di atas ?
Dari keterangan dokter anak saya, pada dasarnya susu kaleng apapun sama
saja bagusnya.. selama anaknya tidak punya masalah dengan pencernaan.
Cara pertama untuk mencoba apakah anak tersebut cocok atau tidak dengan
susu kalengnya, coba dulu yang encer...misalnya untuk takaran yang
seharusnya 60 ml air untuk satu sendok takar susu kaleng..maka untuk
pertama kali diberi 75 ml untuk satu sendok takar..dan apabila selama 1
hari tidak ada masalah dengan anak tersebut (tidak mencret atau
kebebelan) satu hari setelah itu..maka bisa dilanjutkan dengan takaran
yang sebenarnya. Untuk setiap minuman/makanan baru yang diberikan kepada
si anak jangan diberikan sekaligus banyak macam... jadi untuk satu jenis
minuman/makanan baru diberikan satu per satu jadi kita tahu efek
terhadap makanan/minuman baru yang mana apabila terjadi kesalahan
terhadap pemberian makanan/minuman tersebut..
>    Makanan tambahan apakah yang paling bagus untuk dapat diberikan pada
>    saat dia nanti sudah mendapat makanan tambahan ?
Untuk makanan tambahan, biasanya pada mulanya +/- 4 bulan diberi pisang
ambon, lalu biskuit bayi, untuk seterusnya bisa ditambah lagi dengan
sari buah jeruk...dst...meningkat sesuai usia si anak. Biasanya untuk
pertama kali bisa masuk 3 -5 sendok saja sudah cukup bagus.
Jangan lupa...untuk setiap pemberian makanan baru, jangan diberikan
sekaligus beberapa macam..satu-satu dulu untuk melihat reaksinya.
>    Adakah pengalaman yg dapat diceritakan dengan dampak terhadap kesalahan
>    pemilihan susu kaleng ?
Pada umumnya apabila si anak tidak cocok dengan susu kaleng yang
diberikan, efeknya mencret atau jadi keras buang airnya.
>    Apakah ada hal-hal yang perlu saya perhatikan dalam membantu
>    perkembangan anak saya dgn kondisi di atas ?
BEgitu terjadi reaksi seperti yang saya sebutkan di atas, langsung
dihentikan saja pemberian susunya...biasanya akan berhenti juga
reaksinya.

moga-moga bisa bermanfaat... dan ada baiknya kalo anda menyimpan nomor
telepon dokter anak anda..sehingga bila terjadi hal-hal yang
mengkhawatirkan terhadap anak anda..bisa menanyakan segera pada dokter
tersebut... semoga sukses...