mbak Diah, saya juga saat ini lagi memerlukan "Susu" yang bentuknya
indah dan bagus...

-----Original Message-----
From: Diah Retnoningrum
Sent: Wednesday, November 25, 1998 9:58 AM
To: '[EMAIL PROTECTED]'
Subject: RE: [balita-anda] susu kaleng

Saya juga punya pengalaman yang hampir sama dengan istri P' Ismoro, cuma
bedanya ASI saya berikan dengan cara dipompa dan diteruskan ke bayi
dengan botol dot. Hal itu berjalan normal sampai bayi berusia 1 bulan,
selebihnya ASI sudah tidak mencukupi kebutuhan bayi hingga suami saya
terpaksa mencari susu kaleng pada dini hari.

Saya menghubungi RS tempat saya melahirkan untuk menanyakan susu kaleng
apa yang biasa mereka berikan untuk bayi baru lahir, dan mereka katakan
untuk bayi tidak bermasalah mereka biasa memberikan Vitalac 1, Morinaga
BMT atau Enfamil. Suami saya berhasil memperoleh susu Enfamil dan susu
itu saya berikan terus sampai terjadi RUSH Susu bayi (kira2 anak saya
berumur 4 bulan). Karena panik tidak menemukan susu Enfamil dipasaran,
kami membeli semua susu yang masih ada di rak (terdiri dari Vitalac 1,
Morinaga BMT dan SGM), puji Tuhan anak saya mau meminum semua merk susu
tersebut.

Berdasarkan pengalaman tsb, sampai saat ini kebiasaan tsb saya teruskan
dengan memberikan beberapa merk susu kepada anak karena setelah saya
konfirm kepada Dr SPA, menurut dia tidak apa2 karena itu hanya masalah
selera kecuali bila badan anak menolak (seperti buang2 air besar, dll).

Saat ini anak saya berusia 1 thn 2 bulan, dengan berat 13 Kg ia sudah
dapat berlari-lari dan cerdas.

Saya berkesimpulan bukan masalah susu kaleng apa, tapi masalahnya adalah
kita harus memberikan susu tersebut sesuai dengan porsi dan umur si anak
(ada tabelnya) dan harus berdisiplin. Sampai anak sudah punya jadual
makan 3 kali pun, pesan ibu saya jangan sampai susu terlupakan.

Demikian semoga berguna...

Salam,
Diah Retnoningrum