----- Original Message -----
From: Basuki Rahmat <[EMAIL PROTECTED]>
> anak saya sudah 22 hari, dan bab 4 - 5 kali sehari sedangkan BAK antara
> 7-8 kali sehari,barangkali karena terlalu sering di bersihkan menyebabkan
> pantatnya merah-merah.Saya membersihkannya dengan kapas dan air hangat
> sedang kalau pipis cukup dengan bedak.
> Saya tidak tahu apa dia merasakan pedih sehingga kalau pipis atau BAB
> pasti ngeden dan gelisah dan kalau di biarin terlalu lama pasti nangis.
> Memang kalau BAB/BAK sengaja saya biarin kurang lebih sekitar 7 menit
> biar kenyang,soalnya kalau habis di bersihin trus pipis/BAB lagi kan
> [...]

Pak Basuki sepengetahuan saya ada salepnya untuk pantat yang teriritasi
karena kulit bayi masih halus. Apa salepnay sala lupa, mungkin dapat ditanya
kepada DSA pada saat anak imunisasi atau mungkin ada neters lain yang
mengetahuinya.

Kalau anak saya habis pis atau pup, langsung dibersihkan karena popok yang
absah juga dapat menimbulkan iritasi. Klaau sudah kean iri tasi pasti sakit
pak, lah kalau orangdewasa sajah kulitnya teriritasi juga sakit. Karena itu
harus semakin hati - hati melap kulit yang sudah teriritasi, biasanya
tandanya kemerah - merahan, kayak hasil rebusan.

Demikian pengalaman saya semoga membantu.