> Kira-kira kenapa yah zat semacam Dioxin dapat berada pada produk-produk F&B
> tersebut ? Kalau saya lihat produknya berasal dari hewani.

Memang produk hewani  yang bisa mengandung dioxin, soalnya dioxin itu
larut dalam lemak. Jadi ngga larut dalam air.
Makanya segala produk hewani punya kemungkinan terkontaminasi. Susu,
daging, sampai produk2 jadi yang bahan2 bakunya diambil dari produk
hewani.

> Dan mengapa dari Eropa ?

Dari Eropa.... itu hanya kebetulan aza ketahuan. Di Asia saya yakin juga
banyak skandal macam2, hanya ngga ketahuan aza.
Atau kalo ada yang tahu diusaha-in supaya bungkam. Alasannya supaya ngga
ada "panik massal"

> Apakah sapi Eropa mungkin menggunakan obat-obatan ternak yang
> mengandung dioxin ?

Skandal dioxin dari Belgia (yang sekarang baru ketahuan) bukan berasal
dari obat2an untuk ternak. Tapi dari makanan ternak yang terkontaminasi.
Mungkin cara bikinnya, atau campurannya yang udah melalui proses macam2
dan dioxin sebagai hasil sampingan.
Kadar dioxin ngga bisa dihindari 100%, hanya saja kadarnya ngga boleh
lebih dari kadar maksimum (seperti yang ditetapkan WHO)

Kalo diselidiki terus... lama2 kita ngga jadi makan produk hewani.
SOalnya di Eropa udah sampe ke daging ayam dan telur. Juga bisa2 bukan
daging dari Belgia aza, tapi udah kenegara2 Eropa yang lain.

Saya ngga mau bikin panik. Panik sekarang juga percuma... kita khan ngga
tahu persis kapan mulainya skandal ini. Apalagi di Indonesia yang
pengontrolannya emang udah amburadul.
Informasi2 yang akurat juga ngga ada. Misalnya udah seberapa parah
kontaminasi di Indonesia,dsb. Paling2 liat di internet, itupun bhs
Inggris.

> Bagaimana pula dengan produk hewani lokal ?

Pemerintah harus ikut campur untuk membahas soal ini. Karena hanya
pemerintah aza yang bisa mengambil kebijakan2 yang menyangkut orang
banyak (rakyat). Misalnya dengan lebih intensiv mengawasi import makanan
ternak, import produk2 hewani. Bantuan dana untuk instansi2 ( untuk
mengecek kadar dioxin secara global), dll..
Bantuan media massa juga sangat diperlukan, sehingga masyarakat ngga
asal panik aza, tapi tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Ok dech segitu dulu.