dear otto,

saya setuju sekali dengan pendapat anda, karena saya juga pernah baca
disalah satu tabloid (lupa namanya), disitu ada artikel yang berisi tanya
jawab soal kesalah-kaprahan orang terhadap mitos2 orang tua jaman dulu.
seperti ya itu minum air kelapa hijau, minum minyak kelapa, makan kacang ijo
atau airnya....dan masih banyak lagi yang sampai saat ini masih dipercaya
orang....karena kata dokter kandungan diartikel itu, semua yang dipercaya
itu secara medisnya tidak ada hubungannya.  Tapi semua yang dimakan itu
memang menyehatkan. Itu saja.
Ini soalnya berdasarkan pengalaman saya waktu hamil 2 anak saya.  Saya
ikutin apa kata ibu saya, minum air kelapa supaya kulitnya putih dan
bersih....tapi kenyataannya ya tetep aja tuh hasilnya nggak seperti yang
dibilang orang2 kalau minum air kelapa hijau.  Terus minum air kacang hijau
/ kacang hijaunya katanya rambut sianak akan tebel, nggak juga ya....waktu
saya hamil, sama 2 rajin banget minum air kacang hijau dan makan kacang
hijaunya juga, ternyata anak yang pertama rambutnya tipis, yang kedua
rambutnya tebel....terus juga katanya kalau minum minyak kelapa bisa
gampaaang banget melahirkannya, seolah2 jalan keluarnya jadi licin gara2
mimun minyak kelapa...nggak juga ya...kedua anak saya dua2nya sama2 susah
tuh keluarnya.....Kalau menurut dokter kandungan saya, itu semua tidak
tergantung dengan mitos2 yang disebut2 orang ....tetapi masing2 orang tuh
lain2 , ada yang memang gampang banget melahirkannya, ada yang udah minum
minyak kelapa sering ya tetap susah.
Yang penting kita makan sehat, banyak jalan kaki, dan yang pasti banyak
berdoa disaat kehamilan kita.