Pak Munadi,
Yang saya tahu, kata orang-tua-tua dulu, sebelum 40 hari bayi jangan dibawa
keluar rumah, dgn alasan bahwa bayi blm bisa beradaptasi dengan cuaca dan
suasana udara luar. Suhu tubuh bayi pun masih sedikit mengikuti ketika masih
dalam kandungan. Makanya kebanyakan sebelum 40 hari itu jarang dibawa keluar
rumah. Tapi saat ini, setelah bayi diperbolehkan pulang dr RS, biasanya 1
minggu kemudian harus kontrol lagi ke dokter, dimana berartikan bayi keluar
rumah.
Jadi menurut pendapat saya, tidak masalah bayi dibawa ke luar rumah selama
tidak dlm jarak yg jauh, (agar si bayi juga tidak kaget dgn perubahan
suasana).
dan jangan terlalu sering dulu.

demikian sarann saya Pak, barangkali ada masukkan juga dari rekan-rekan yg
lain.

Salam