Pak/Bu Arjuna,
Memang di buku karangan ibu Tuti untuk bubur bayi selalu ditambahkan garam
atau margarin (ada kandungan garamnya), mengenai pemberian garam atau gula
kepada bayi telah pernah kita bahas dalam milis ini.  Setahu saya garam dan
gula tidak baik buat bayi dibawah umur setahun, hal ini dapat berpengaruh
dari kerja ginjal disamping untuk membentuk pola makan yang sehat pada anak
(anak nggak suka yang asin-asin atau manis-manis, tepatnya mungkin yang
berlebihan).  Pengalaman saya sendiri, sebelum anak saya berumur setahun
saya hampir nggak pernah menambahkan gula dan garam ke dalam makanannya,
tetapi saya juga memberikan bubur susu instan kepada anak saya disamping
makanan yang kita buat sendiri.  Kita ketahui dalam bubur susu instant
komposisinya selalu ada garam.  Kesimpulannya, menurut saya, garam dan gula
memang kurang baik buat bayi, tetapi kita boleh saja memberikannya asal
dalam taraf wajar, sekedar ada rasanya saja.  Tetapi kalau anaknya sudah mau
makan tanpa dibubuhi garam/margarin ya.....sebaiknya jangan dikasi.
Demikian yang saya ketahui, mungkin rekans lain bisa menambahkan.