Mba',

Saya pertama beli gunting kuku bayi (spt. gunting biasa, tapi ujungnya
membulat/tumpul) merk Tommy Tipee (di Mangga Dua thn 98 Rp 20,000) krn saya
pikir murah/mahal semua merk sama. Ternyata tidak bagus dan cepat tumpul.
Lalu saya ganti merk Pigeon (pd awal 99, Rp. 50,000). Ternyata sampai
sekarang bagus dan masih tajam (spt-nya merk ini yg paling ngetop). Saya
rasa gunting kuku bayi tsb masih diperlukan s.d. bayi berusia 2 tahunan;
setelah agak dewasa mungkin bisa diganti gunting kuku spt utk orang dewasa
(yg ditekan).

Waktu bayi saya masih berusia di bawah 3 bulan, saya hanya 'menggigit'
kukunya dg gigi saya (krn kukunya masih belum keras dan saya masih takut
utk menggunting sendiri).  Menggunting kuku tangan, sebaiknya ikuti lekukan
jari (agak melengkung). Tapi sebaliknya, utk kuku kaki, digunting lurus
sehingga kuku yg tumbuh tidak masuk ke daging. Seperti yg ditulis
sebelumnya, sebaiknya digunting sewaktu bayi sedang tidur (nyenyak). Semoga
berguna, salam,

Zullia Saida
OFfice of Transition Initiative (OTI)
United States Agency for International Development (USAID)
American Embassy
Jl. Merdeka Selatan 3-5,Jakarta 10110
Phone : (62-21) 344 2211 ext. 2356
Fax   : (62-21) 3483 0916
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

-------------
Original Text
From: "des'ree" <[EMAIL PROTECTED]>, on 10/22/99 6:22 PM:
To: internet[<[EMAIL PROTECTED]>]

Saya juga punya masalah memotong kuku bayi saya.... umurnya 3,5 bulan....
karena setelah
kukunya dipotong pasti ngak rata .... jadi kalo dia ngegaruk muka (
kebiasaan bayi saya
kalo lagi kesel ) pasti berbekas..... jadi saya minya tolong pada rekan
netters... potong
kuku apa yg cocok untuk bayi.... dan merek apa... karena saya juga sudah
punya potong
kuku bayi tapi hasilnya yah..... tidak memuaskan dan juga kukunya masih
tipis.... terima
kasih atas bantuannya.....

mamanya Fira

Mira wrote:

> saya coba membagi pengalaman saya ,anak saya berusia 18 bulan saya
> selalu berkomunikasi setiap melakukan sesuatu terhadap dirinya .misalnya
> pada saat saya hendak memotong kukunya saya ceritakan padanya bahwa
> nanti kalau kukunya tidak dipotong akan ada cacing didalamnya dan cacing
> itu jijik nanti kuku tiara digigitnya .jadi kalau kukunya panjang harus
> di potong .sekarang setiap saya pegang gunting kuku dia sudah tau dan
> kadang dia minta dipotong kukunya dia membahasakanya potong
> cacing.semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat . terima kasih

Sulhiyah[SMTP:[EMAIL PROTECTED]]

Internet