saya coba membagi pengalaman saya ,anak saya berusia 18 bulan saya
selalu berkomunikasi setiap melakukan sesuatu terhadap dirinya .misalnya
pada saat saya hendak memotong kukunya saya ceritakan padanya bahwa
nanti kalau kukunya tidak dipotong akan ada cacing didalamnya dan cacing
itu jijik nanti kuku tiara digigitnya .jadi kalau kukunya panjang harus
di potong .sekarang setiap saya pegang gunting kuku dia sudah tau dan
kadang dia minta dipotong kukunya dia membahasakanya potong
cacing.semoga pengalaman saya ini dapat bermanfaat . terima kasih