Mbak Dewi,
Bulan puasa yang lalu saya lagi hamil 4-5 bulan-an. Waktu itu saya konsultasi
sama DSOG mengenai boleh tidaknya saya puasa. DSOG saya sih menyarankan saya
untuk tidak berpuasa dulu, toh agama memberikan keringanan akan hal itu. Tapi
kalo saya bisa memutar pola makan saya artinya pada waktu malam saya makan 3
kali seperti kalo lagi ndak puasa( termasuk minum susu dam makan camilan) dan
nggak ada keluhan mual, pusing, perut perih dsb,  maka puasanya boleh jalan
terus.Lalu saran itu saya coba. Tiga minggu setelah saya menjalani puasa , saya
datang ke DSOG untuk memeriksakan kandungan saya. Nah ternyata berat badan saya
turun 3 kg, dan sewaktu di USG, perkembangan bayi saya tidak secepat pada waktu
saya nggak puasa. Dari situ DSOG menyarankan saya untuk tidak puasa dulu karena
ternyata saya tidak bisa mengikuti saran dia yaitu memutar pola makan. Akhirnya
dengan pertimbangan tersebut saya menghentikan puasa untuk sementara waktu
(puasanya tinggal 8 hari sih ). Nah itulah pengalaman saya, tapi sebagai
tambahan catatan, bayi saya lahir dengan berat 3.1 kg lho, jadi barangkali kita
tidak perlu terlalu kuatir. Cuman saran saya, ya sebaiknya mbak Dewi konsultasi
dulu sama DSOG apalagi kehamilan Mbak Dewi kan masih muda banget. Okey...

Thank's
Bundanya Hilly