Papa Bella,
Kalau anak jatuh yang perlu diperhatikan :
1. Ada luka terbuka atau tidak, kalau ada gunakan obat
untuk luka (betadine), kalau lukanya lebar (bocor),
bersihkan dengan cairan antiseptik (boorwater, detol),
tutup dengan kasa, bawa segera ke dokter.
2. Kalau tidak ada luka, cukup olesi dengan
trombophop.
3. Bagian kepala mana yang kena :
kepala depan yang kuat, sehingga jika bagian ini yang
kena bapak tidak perlu khawatir. Kalau anak terbanting
dengan posisi telentang, harus lebih teliti melihat
reaksinya.
3. Reaksi setelah jatuh : jika anak masih menangis,
maka cedera di kepala cukup ringan. Yang perlu
diwaspadai jika anak : pingsan, muntah-muntah setelah
jatuh, jalan menjadi oleng, mata juling, gerakan tubuh
menjadi aneh maka harus segera dibawa ke dokter untuk
pemeriksaan lebih jauh (CT Scan, EEG).
Meskipun setelah jatuh anak tidak menunjukkan
tanda-tanda di atas, selama 24 jam pertama harus terus
dipantau apakah ada perubahan dalam tingkah laku
apakah jadi rewel, panas, atau tidak mendengar saat
dipanggil,  maka harus dibawa ke dokter.
Kalau dari cerita bapak, kemungkinan tidak ada cedera
serius, tapi kalau bapak memang ingin meyakinkan diri,
boleh juga dibawa untuk CT scan atau EEG. Sedangkan
untuk tukang urut, mungkin perlu diyakinkan dahulu
keahliannya (tanya dari bekas pasiennya).
Mungkin untuk menghindari terulangnya peristiwa ini,
ada baiknya menurunkan kasur di bawah sehingga anak
terhindar dari bahaya jatuh atau menempatkan dalam box
bayi yang aman.
Demikian dari saya.

Mamanya Dafi