Dear rekan-rekan netters,

Saya baru saja mengalami pengalaman tidak menyenangkan dengan suster
penerima pasien (front office) di sebuah tempat praktek dokter kandungan di
Surabaya (lebih baik tidak usah saya sebutkan nama dokternya). Kemarin siang
saya daftar untuk hari itu juga dan dapat no. urut 16. Ketika saya tanyakan
pada jam berapakah saya sebaiknya datang, supaya tidak terlalu lama
menunggu, suster jaga pada siang tersebut memberitahukan sebaiknya saya
datang +/- pkl 21.00, sebab dokternya mulai praktek pkl 19.00.

Saya tiba di tempat praktek dokter tersebut +/- pkl 20.45. Ketika saya
tanyakan pada suster jaga malam itu (lain dengan yang di waktu saya daftar),
sudah sampai di no. urut berapa, suster tersebut menyuruh saya masuk ke
ruangannya & memberitahukan bahwa masih ada sekitar 5 orang. " Wah, lumayan
tidak terlalu lama nih nunggunya," pikir saya. Tanpa punya pikiran apa-apa,
saya keluar dari ruangan suster jaga tersebut.

Sampai pukul 22.30, nomor saya masih belum juga dipanggil. Padahal saya
hitung-hitung sudah 5 orang lebih yang masuk ke ruangan dokter dan ada juga
pasien yang datang lebih lambat koq masuk duluan. Ketika saya tanyakan lagi
ke suster tersebut, jawabnya 'masih banyak yang antri'. Saya masih sabar
menunggu sampai pukul 23.00. Karena belum juga dipanggil, saya tanya sekali
lagi ke suster tersebut. Jawabnya sambil menunjukkan setumpuk kartu : "
Masih ada 11 pasien lagi sebelum saya dipanggil".Langsung saya bilang bahwa
saya batal saja berhubung rumah saya jauh dengan tempat praktek dokter
tersebut & malam itu saya harus menyetir sendirian.

Ketika saya ceritakan ke teman-teman,ada teman yang mengatakan bahwa memang
di tempat praktek dokter tersebut, susternya terkenal harus disuap dahulu
supaya nomor kita didahulukan. Tadinya saya menyangkal sebab susternya
keliatannya baik, tapi setelah saya pikir-pikir mungkin ada benarnya juga
sebab kalau diurut benar seharusnya nomor saya sudah dari tadi-tadi
dipanggil. sedangkan saya yang pada waktu datang dibilang masih antre 5
orang, ternyata setelah menunggu 4 jam, masih harus antri 11 orang lagi.

Saya minta pendapat rekan-rekan netters yang mungkin punya pengalaman
serupa, apakah saat ini trend-nya suster-suster di tempat praktek dokterpun
harus disuap dulu, supaya nomor kita cepat dipanggil, minimal sesuai urutan
yang kita punya. Mungkin juga rekan-rekan bisa mereferensikan dokter
kandungan di Surabaya yang baik & suster jaganya juga baik juga (Pada
kehamilan I, saya memakai dokter ini juga & susternya juga sama. Cuma pada
waktu itu saya tidak seberapa merasakan kejengkelan seperti sekarang
meskipun saya juga harus menunggu lama)