Dear mb. Arum,
Seminggu yang lalu saya juga baru saja melakukan perjalanan ke luar kota
bersama istri dan anak saya (5 bulan 2 minggu) ke Surabaya naik KA Argo Bromo
pergi dan pulang. Saya memilih perjalanan malam supaya tidak terlalu
merepotkan, karena pada saat itu anak kami tertidur, kalaupun bangun paling
hanya minum susu dari ASI. Disanapun kami juga melakukan perjalana ke Pacitan
dengan mobil, sekitar 2 hari. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan selama
kita berada diluar kota (berdasarkan pengalaman kami) adalah:
1. Bawa dan gunakan pampers (bukan nama produk) secukupnya selama diluar kota,
perkirakan jumlah kebutuhannya. Kalau tinggalnya cukup lama mungkin bisa
membeli pampers di kota tersebut, supaya tidak terlalu banyak bawaan serta
tidak merepotkan yang punya rumah karena harus mencuci setiap saat (jika
tinggal di rumah saudara/mertua), atau juga banyak yang di-laundry (jika
tinggal di hotel, lumayan lho ongkosnya!).
2. Membawa pakaian bayi, juga disesuaikan dengan lama kita tinggal.
3. Makanan buat si bayi serta susu formula (kebetulan anak kami masih menyusu
dengan ASI, jadi tidak terlalu repot) serta peralatan makan dan minum bayi.
4. Mungkin perlu juga dibawa Thermos kecil yang bisa masuk ke tas kita.
5. Perlengkapan mandi bayi (sabun, bedak, sampo, minyak telon, handuk, waslap)
yang simple untuk traveling, (banyak di jual di pasaran)
6. Obat-obatan (Tempra & Transpulmin atau ada yang lain?)
7. Lain-lain (cotton buds, kapas, gunting kuku bayi, selimut buat bayi).

Perlu diperhatikan, selama dalam perjalanan kemungkinan jadwal makan anak kita
bisa berubah, seperti yang saya alami. Persiapkan saja susu formula, atau ASI
sebagai pengganti makan, apabila tidak sempat membuat makan bayi.
Demikian pengalaman kami selama berjalan-jalan di luar kota, perhatikan selalu
kondisi kesehatan anak kita, semoga bisa bermanfaat.

salam hangat,
andi, ayahnya luthfie