Ny Fatah Ibunya Gege

From: [EMAIL PROTECTED] on 27/03/2000 02:14 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]

To:   [EMAIL PROTECTED]
cc:    (bcc: Siti BKC1082 Fatmawati/BKCP/BKC)

Subject:  Re: [balita-anda] perjalanan keluar kota bagi bayi

Mba' Arum,
Pengalaman saya, Hana saya bawa ke tempat papanya bekerja di Jawa Timur pada
usia 8 bulan. Tadinya hampir tidak jadi karena Hana kena flu dan saya habis
dimarahi ibu saya untuk tidak pergi karena dia kuatir sekali takut terjadi
sesuatu, menurut dia anak2nya termasuk saya tidak pernah diajak pergi jauh
sebelum berumur 1 tahun. Hal ini dia lakukan karena trauma anak tantenya
meninggal setelah diajak pergi pada usia sekitar 8 bulan. Tapi karena saya juga
ingin menyenangi suami untuk mengunjunginya, akhirnya saya pergi ke DSAnya Hana
untuk minta advise dan saran. Menurut dia tidak apa2 Hana diajak pergi asalkan
jam waktu minum susu dan makannya tidak dilanggar, dan juga disarankan membawa
obat2an yang perlu. Dan juga saya disarankan untuk naik kereta api siang jadi
pergi dari jakarta jam 9.30, tiba di Surabaya jam 18.30. Di perjalanan dia tidak
rewel, menyusu ASI/minum susu serta makan seperti biasa, malahan ketika sampai
di Surabaya ada satu rombongan ibu2 yang duduk di depan terkaget2 bahwa di
gerbong tempat dia ada anak kecil, mereka tidak menyangka karena tidak
mendengarkan sedikitpun suara tangis bayi. Malahan setelah menginap semalam di
Surabaya, kami sekeluarga + baby sitternya Hana keliling2 Jawa Timur dengan
mobil termasuk ke menginap di Bromo, tetapi Alhamdulillah dia baik2 saja dan
tidak rewel, malahan cenderung menikmati perjalanannya.
Wah jadi cerita dech, menurut saya kalo ragu2 lebih baik tanyakan ke DSAnya
saja.
Apa2 yang harus dibawa;
1. Baju dan celana secukupnya, saputangan dan handuk untuk mandi, sebaiknya bawa
jaket dan selimut  takut dia kedinginan di dalam kereta. Dan juga pada saat tiba
sebaiknya selain menggunakan jaket, celana panjang dan selimut, kepalanya
dipakaikan topi karena seringnya anak / orang dewasa masuk angin dari kepala.
2. Obat2an seperti Tempra, obat pilek/batuk (kalo anak saya biasanya
Triaminic/Mucopect)
3. Kosmetika bayi seperti sabun, sampo, bedak, minyak telon, dll.
4. Termos berisi air panas dan tempat minum berisi air putih untuk buat susu.
5. Milk powder case (maaf kalau salah), supaya tidak repot karena harus membuka
dan tutup kaleng susu. Sebaiknya membawa susu di dalam kaleng yang  ukuran kecil
(400 gr) atau bisa ditempatkan di wadah kedap seperti tupperware.
6. Pampers.
7. Handuk kecil, untuk melap badan atau kelamin setelah dibersihkan jika BAB.
8. Tissue basah
9.Mainan seperlunya biar anteng di dalam perjalanan
10. Peralatan makan dan minum
11. Untuk dalam perjalanan sebaiknya diberikan makanan instant seperti Gerber,
bubur bayi Nestle atau lainnya.

Mungkin hanya itu saja, dan juga siapkan satu tas untuk keperluan bayi seperti
susu, pampers dan baju, serta celana dan saputangan juga handuk kecil serta
tissue basah yang akan digunakan di kereta. Jika anda punya car-seat mungkin
bisa digunakan dalam perjalanan.

Selamat jalan2, semoga dedenya baik2 saja dalam perjalanan.

Salam

Mamanya Hana

a r u m <[EMAIL PROTECTED]> on 03/27/2000 08:10:11 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]