Ibu Nining,

Pengalaman saya, mengisap jari itu itu memang nalurinya bayi. Soalnya
pernah anak saya (Abbi) disuntik vaksin Hepatitis dan BCG, nangisnya
keras banget, kemudian Abbi digendong dan tangan Abbi dimasukkan ke
mulut Abbi oleh DSA-nya.

Trus dari buku yang pernah saya baca "How to have smarter baby" disitu
disarankan agar kita sekali-kali mendorong bayi untuk menghisap jarinya.
Tapi aku lupa alasannya.

Jadi sekarang saya membiarkan saja bayi saya menghisap jari, namun saya
memastikan dulu bahwa dia tidak lapar atau tidak sedang gelisah hatinya.

Salam
Novi