Salam,

Merk teether-nya apa ya,.setahu saya kalau merk pigeon itu ada larangan
untuk direbus, mungkin karena terbuat dari polymer yang tidak tahan panas,.

-----Original Message-----
From: Riastuti, Trinovi [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Wednesday, March 29, 2000 12:13 PM
To: '[EMAIL PROTECTED]'
Subject: RE: [balita-anda] Hisap jari

Mbak Nining,

Pengalaman keponakan saya (8 bulan) juga sama dengan anak mbak. Dia senang
sekali memasukan jarinya ke dalam mulut (mulai umur 3 bulan). Awal mulanya
dia selalu marah atau nangis, tapi kita selalu menarik jarinya setiap kali
dia memasukannya ke dalam mulut. Kita coba bicara dengan dia, kalau jari
didalam mulut itu tidak baik, dan cara menariknya pun harus pelan, sehingga
dia tidak kaget. Lama-lama dia tidak nangis/marah lagi kalau tangannya
ditarik. Sampai saat ini dia masih suka (sekali-sekali) 'ngemut' jarinya,
tapi kita selalu mengeluarkannya. Dan dia nggak keberatan kok mbak, apalagi
kalo kita selalu mengalihkan perhatiannya.

Kakak saya pernah membelikan dia mainan yang bisa digigit (saya nggak tau
persis namanya, tapi kita selalu nyebutnya 'teether'), dan dia bisa nikmatin
banget mainan itu. Ada dua macem teether mbak, yang ada airnya didalam
(biasanya jenis ini tebal) dan yang tanpa air (jauh lebih tipis). Kalau yang
ada airnya lama-lama bisa bocor karena keseringan di gigit (padahal sampai
sekarang Naren belum punya gigi lho), dan Naren jauh lebih senang nggigit
teether yang tipis.

Sekarang, kalau Naren mau ngemut jarinya, kita coba dulu tarik pelan2 sambil
alihkan perhatian dia. Tapi kalo nggak mempan juga, baru kakak saya kasih
teether ke dia. Yang penting mbak, teether itu harus selalu bersih dan
steril, jadi sebelum kasih ke Naren, kakak saya selalu men-steril-kan dulu.

Moga-moga pengalaman keponakan saya ini, bisa mbantu ya mbak.

Regards,
Ria