Dh Netter semua,

Terima kasih banyak atas informasi dan pengalamannya ini membuat saya tenang
dan tahu cara menghadapi hal ini. Sekali lagi terima kasih.

-----Original Message-----
From: a r u m [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Wednesday, March 29, 2000 1:07 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] Hisap jari

Mbak Nining,
di tabloid Nakita yang minggu lalu ada artikel tentang menghisap jari.
Disitu disebutkan kalo menghisap jari bagi bayi adalah sebuah
kebutuhan.Jadi kalo misalnya kebutuhan menghisap itu belum terpenuhi dari
minum susu (lewat botol maupun ASI) maka ia akan menghisap jarinya
(walaupun dia sudah kenyang).
Jadi jangan terlalu kuatir Mbak..
Anak saya umurnya sekarang 5 bulan. Sejak umur 3 bulan dia udah mulai
hisap2 jari, sampai sekarang. Kata2 orang2 sih mungkin mau tumbuh giginya.
Trus saya kasih mainan karet yang khusus untuk digigit. Tapi nggak bertahan
lama. Pertamanya sih dia seneng banget. Lama2 balik lagi ke hisap jari.
Kalo saya liat, anak saya itu menghisap jari kalo lagi iseng nggak punya
kerjaan. Jika ditarik dia enggak marah, tapi dimasukin lagi ke mulut. Kami
yang dirumah sih sabar2 aja bolak-balik ngeluarin jarinya dari mulut.
Pelan2 aja, Mbak nariknya.
Menurut saya, kita-nya aja yang sabar.