Soal hisap menghisap ini ternyata dialami oleh anak saya juga dari
     mulai umur 2bln s/d 9bln (wkt lalu saya juga pernah mengutarakan di
     sini).
     Lebih parah nya lagi dia menghisap 2 jari sekaligus, jari telunjuk &
     jari manis tangan sebelah kiri.
     Kebiasaan ini dia lakukan kalo mau bobo & stlh lelap terlepas sendiri
     tangannya. Sama dg anak saya juga kalau setiap di cegah utk menghisap
     selalu nangis,
     Pernah saya coba dg memberikan mainan yg dari karet utk digigit tapi
     tdk mempan.  Dan akhirnya saya pake alternatif lain yaitu dg cara
     mengalihkan perhatian, yaitu memberikan guling kecilnya & kebetulan
     sekali 'umpan' baru ini berkenan dihati nya.
     Memang pertama2 dia agak2 berontak, tapi..stlh 2-3 kali dicoba
     akhirnya jadi keterusan peluk2 guling nya, malahan sekarang kalau
     engga ada guling dia gelisah.  Tapi saya pikir lebih baik guling dari
     pada isap2 jari.

     segini sharing dari saya, mudah2an bermanfaat.

     Tks, Bundanya Salmadita.