Saya sangat setuju dengan apa yang dikatakan oleh Bp. Arif. Empeng/Dot lebih
banyak efeknya untuk orangtua, bukan pada bayi.
sejak lahir bayi saya (sekarang 2 bln) sering kami beri dot (baca empeng).
Memang efeknya si bayi menjadi lebih tenang dan mudah tidur. Kami sering
mencegah ia memasukkan tangannya ke mulut dan menggantin dengan dot tersebut.

Setelah membaca buku bahwa dot lebih menguntungkan untuk orang tua bukan bayi,
maka sekarang kami tidak memberi dot lagi diganti dengan
menenangkan/menggendongnya. lumayan cukup berhasil.

Buat ibu Debby, Karena snak ibu hanya nge-dot kalau mau tidur, mungkin ada
baiknya jika perhatian ibu dan bapaknya yang ditambah sebagai pengganti dot.

salam

Willy