-
eko budi setiono <[EMAIL PROTECTED]> wrote

>Wah ini kok beda dengan keterangan dokter gigi yang pernah saya dengar
>ya..

Pak Eko,
Artikel yg saya baca dari babycenter yang mungkin lebih berdasar pada studi
di AS. Mungkin dokter gigi bapak punya dasar literatur yg lain...
Yang jelas... pengalaman penggunaan empeng ini sering berbeda satu sama
lain. DI keluarga istri saya... anak sulungnya waktu kecil ngempeng... tapi
giginya tumbuh sangat rapi dan tidak ada masalah. Anak kedua... ngedot
botol... ee... malah gigi depannya agak selip. Padahal kedua orang tua istri
saya giginya rapi.
Di keluarga saya... dari 5 orang anak... tak satupun yang mau dikasih
empeng... tapi giginya tumbuh beda2... ada yg rapi ada yang kurang rapi.
Anak saya Karin (3 bulan) juga saya kasih empeng... hanya ketika dia
membutuhkan.... Syukurlah... anak saya tidak sampai nyandu... dan akan
melepeh empengnya jika sudah tidak membutuhkan lagi (misalnya ketika melihat
'nenen', diajak baca, main atau ketika tidurnya sudah lelap.
So... gimana dong? saya rasa sih... masing2 orang tua tahu yg terbaik untuk
putra-putrinya berdasar bobot, bibit dan bebet (baca genetik dan family
culture).... gitu kali ya.... hehehe...

Salam,

Arif
Arif