Soal memasukan tangan ke mulut hal yang wajar dan itu tidak bisa dicegah
berdasarkan pengalaman saya. Karena sampai saat ini (umur anak jalan 8
bulan) sudah lebih jauh lagi karena dia sepertinya ingin mengenal semua yang
dianggap menarik dengan memasukan ke mulutnya termasuk menggigit kakinya
sendiri..bayangkan?. Apalgi kalo anak anda sudah bisa memegang sesuatu dgn 1
tangan atau sdh dgn kedua tangan itu pasti tiap benda yang anda berikan atau
diraihnya diawali dengan berusaha menggigit atau memasukan ke mulut. Apalgi
kalo sudah mulai tumbuh gigi pasti akan makin giat.

Soal empeng (dot) memang pengalaman saya diawali dengan sulitnya anak saya
tidur karena ketidakdisiplinan mengatur jam tidurnya. Awal akibat istilahnya
'bau tangan' karena suka digendong oleh orang tua membuat sulit ditidurkan
dgn sendirinya. Akhirnya alat bantu dengan empeng tsb. Memang cukup
merepotkan sekali. Tapi untungnya anak saya semakin bertambah bulan otomatis
dia sendiri yang melepas empeng tsb sehingga menurut saya tidak terlalu
tergantung empeng tsb.Sepertinya dia tahu empeng itu alat isap boongan..hehe

Jadi saran saya pertama2 disiplin jam tidurnya aja diatur dgn baik dan
jangan suka digendong2. Selanjutnya beri kesibukan seperti menunjukan gambar
, bunyi2an, membacakan cerita, menperdengarkan musik , ajak seperti ngobrol
(saya rasa anak anda  sudah suka tersenyum?) atau sesuatu yg menarik selama
waktu2 dimana dia sedang aktif. Walau kelihatan agak bodoh,saya yakin itu
sangat membantu sekali dibanding penggunaan empeng.