Begini pak NI. Seharusnya anda menyadari bahwa ada memang pihak yang tidak atau
belum bisa menerima materi e-mail anda. Itu yang harus anda perhatikan. Jangan
malah berlindung dibalik kenyataan bahwa masih ada anggota mailing list yang
mendukung anda , juga jangan berlindung dibalik pertanyaan kriteria posting yang
bagaimana yang bisa menimbulkan debat kusir.

Saya yakin anda pun sudah bisa menjawab mengenai  kriteria yang bagaimana tidak
menimbulkan debat kusir yaitu jika anda tidak mengirim posting lagi. Jadi nggak
usah ngotot lah bahwa materi posting anda tidak akan menimbulkan polemik karena
yang paling baik adalah jika posting-posting yang anda kirim itu tidak ada satu
orang pun yang protes.

Dan saya lihat juga materi posting anda di e-mail grup lainnya dan juga
mengandung polemik dan ada yang protes juga. Ini juga bisa menjadi perhatian
anda. Ya mungkin saja rekan-rekan yang protes bisa jadi belum sampai atau belum
sama tahap pemukirannya dengan anda. Tapi saya berharap mudah-mudahan anda
menemukan e-mail grup yang sesuai dengan tahap pemikiran anda.

Sekian.

Papanya Rhesa.