Assalamualaikum,

Mbak, ASI Exlusive kan memang sebaiknya diberikan pada bayi sampai usia 4
bulan baru setelah itu diperkenalkan makanan padat. Tapi kalo umpamanya dia
ASI nya nggak bisa exlusive berhubung si Ibu harus kerja, apa juga harus
tetap nunggu sampai 4 bulan baru diberikan makanan padat ? Apa kandungan
gizi susu formula hampir sama dengan ASI sehingga juga tidak perlu
diberikan makanan tambahan lainnya ? Terus terang saya lagi bingung
nih...........

Wassalam

                    Rien
                    <alex_putin@mosco        To:
                    wmail.com>               balita-anda@indoglob
                                             al.com
                    05/31/00 08:58 AM        cc:
                    Please respond to        Subject:     Re:
                    balita-anda              [balita-anda] Bayi &
                                             Susu Formula.

wesmih wrote:

> Dear Mamanya Nadira,
>
> Memang sich Juan makan bubur biscuitnya kecepatan, karena saya khawatir
> Juan
> mimiknya dikit sekali, takut perutnya lapar

Mamanya Juan,
mungkin kutipan artikel berikut (komplitnya waktu itu saya post tgl.22 Mei)
bisa dipertimbangkan ;

Pada usia rawan ini banyak orang tua yang mempunyai persepsi keliru
mengenai
makanan untuk anaknya. Misalnya, bayi sampai usia empat bulan sebenarnya
cukup kalau hanya diberi ASI oleh ibunya tanpa tambahan makanan apa pun.
Hal ini sesuai dengan sistem enzim dalam pencernaan bayi yang masih
didominasi
oleh enzim laktase untuk memecah laktosa susu.

Tetapi sebagian orang tua menganggap bayi akan kelaparan tanpa makanan
tambahan sehingga mereka memperkenalkan pisang, bubur, dan sebagainya.
Padahal jenis makanan ini memerlukan kehadiran enzim maltase untuk
memecah
maltosa (karbohidrat) pada pisang atau bubur. Enzim maltosa umumnya
belum
banyak diproduksi oleh bayi di bawah usia empat bulan. Kesalahan dalam
memberikan makanan ini tentu membuat tubuh bayi tidak dapat mencerna
dengan
sempurna makanan yang diberikan oleh ibunya sehingga sari makanan tidak
dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Akhirnya, bayi bisa terhambat
kecerdasannya.

Ella juga saya beri makanan padat pertama umur 4.5 bulan. Saya pernah baca
juga, terutama utk. anak2 yg. lahir kurang bulan, pemberian makanan padat
harus 'di-adjust' dgn. umur 'seharusnya'. Jadi kalau anak kita lahir lebih
cepat 4 minggu, sebaiknya pemberian makanan padatnya, pada umur 4 bulan 4
minggu. Ella lahir minggu ke 38, jadi saya mundurkan juga 2 minggu... Saya
nggak tahu apa kalo anaknya lebih dari 40 minggu di kandungan, boleh lebih
cepat makan padatnya.... ?

Semoga sukses nyendokin susunya, ya Bu.
--
    \\\