Selamat pagi semua....

Saya perlu bantuan rekan-rekan untuk sharingnya nih... Anak saya Ticia, tanggal
1 besok 10 bulan, sudah sejak dua bulanan ini kalo tidur saya enggak pakein
pampers. Maksudnya sih bagian dari toilet training... Supaya enggak ngompol,
setiap mau tidur kira-kira jam setengah delapanan, saya suruh pipis dulu trus
sambil tiup terompet isi susu dia tidur. Nah nanti, sebelum saya tidur,
kira-kira jam sepuluhan, dia saya bangunin, saya bawa ke kamar mandi untuk pipis
lagi, juga sekitar jam dua pagi, pipis lagi. Lalu bangun pagi sekitar jam 6
langsung ke kamar mandi lagi, pipis.

Selama ini kalo dibangunin sih dia oke-oke aja enggak nangis, trus, setelahnya
juga, bisa langsung nyambung lagi tidurnya. Kalo lagi rewel, saya kasih air
putih di dot trus dia minum dan tidur lagi. Dia akan ngompol kalo saya
kebablasan tidur tapi dia enggak bangun karena ompolnya itu. Oya, selang waktu
tidurnya itu, kadang dia suka ngereng (merengek), trus kalo di'sumpel' dot air
putihnya itu dia tenang lagi. Jadi ya semaleman bisa minum 100 ml.

Sekarang masalahnya, karena baru beli pampers lagi setelah sekian lama, saya
tergugah oleh iklan pampers itu, "menjaga bayi anda agar tidur nyenyak hingga
pagi". Trus saya mikir, ini kok malah saya yang mengganggu tidur nyenyak bayi
saya dengan terus ngebangunin nyuruh pipis. Kayaknya kok kejam ya ? Sehat enggak
ya buat perkembangannya nanti ? Takutnya malah nanti kebiasaan tiap berapa jam
bangun buat pipis...

Tambahan buat rekans, kalo siang dia rajin ditatur sama pengasuhnya dan biasanya
enggak akan ngompol dikarpet atau ditempat terlarang lainnya, dia akan merangkak
dulu ke lantai, baru deh pipis...

Thanks ya atas bagi-bagi pengalamannya....

Salam,
Hanny - Mama Ticia