Dear Ibu Hanny-Mama Ticia dan Pak Davie,

Saya kagum dengan putra-putra Ibu dan Bapak. Masalahnya anak saya sudah
nyaris 2 tahun (kurang 1 minggu). Masih ngompol sesukanya. Baik saat bangun
maupun tidur.

Sebenarnya saya sudah berusaha mendidiknya tapi kok kayaknya enggak
berhasil yaa ...
Cara saya, dengan menegur : Lho enggak boleh yaa ..pipis disini ...lalu
kami tunjukkan di kamar mandi atau di toilet plastiknya dia atau bisa di
belakang rumah (3 alternatif).

Sekarang saya menegurnya : Lho sudah sekolah dan umurnya 2 th kok masih
pipis di ranjang ...enggak boleh ... itu jelek dan enggak pinter namanya.

Pernah beberapa kali dia bisa lari ke kamar mandi ataupun di blk rumah
...dan kami beri penghargaan dan pujian.

Kenyataaannya sampai saat ini dia pipis sembarangan dan hanya beberapa kali
itu saja dia menuruti petunjuk.

Teman ada yang menyarankan untuk memukul pelan/ menghukum. Tapi saya kok
belum sreg dengan cara tersebut. Membangunkan malam hari pun saya enggak
sreg ...selain kasihan ...kan itu waktu dia istirahat dan otak berkembang
karena anak dalam masa pertumbuhan.

Kalau boleh sharing bagaimana cara Pak Davie dan Ibu Hanny mendidik
sehingga anaknya bisa pinter untuk pipis pada tempatnya ?

Sekarang yang saya lakukan untuk mengantisipasi pipis sembarangan, saya
pipiskan sebelum dia ngompol atau pakai diapers saat bepergian. Kdg
dipipiskanpun tidak keluar pipisnya  ... baru kembali dipasang celananya
..eh pipis dia .....padahal sudah saya tungguin juga dg waktu yang cukup
untuk pipis.
Apa perlu saya marah ya ? Bagaimana cara marahnya ? Bingung saya ... paling
saya jengkel sedikit .....dan berkata ;
Aduh Ziaa.... masak kasurnya mama diompolin kayak gini terus .... Aduh
Ziaa... kok enggak bilang akan pipis ....
Biasanya reaksinya dia, cuman mengulang kata-kata saya ... ndak boleh ompol
... bilang pipis iya ? Saya jawab juga Iyaaa ... harus keluar kamar kalau
pipis.

Tolong ya Bapak-Ibu yang punya cara yang ampuh untuk masalah ini ?
Terimakasih sebelumnya.

Andriana