Mamanya Ticia,
memang sih saya baca buku dan juga iklan popok di sini, untuk potty training
biasanya umur 2 tahunan, di mana si anak sudah siap dan sudah mengerti
artinya pipis atau bab.
Cuman, yang menarik... ibu-2 kita dulu selalu mem-potty training bayinya
sejak lahir (at least umur sebulan lah). Saya sih tertarik sama cara satu
itu, pengennya dipraktekkan kalau punya anak lagi. :-)

Kalau soal diaper u/ malam... memang sebaiknya sih anak jangan
dibangun-bangunin u/ pipis ya... Ntar malah kalau udah gede jadi kebiasaan
bangun setiap bbrp jam u/ pipis. Kalau mau ya spt skr ini, sebelum tidur
diajak pipis, stl itu pakai popok, dan dibiarkan sampai pagi.

Saya pernah baca artikel, dibilang, semakin baik anak tidur (lama dan tidak
terganggu), semakin baik perkembangannya (terutama kesehatan dan mental
development). Ini karena bayi / anak kecil, selama tidur sel-selnya bekerja
untuk berkembang. Makanya kalau anak saya udah tidur... saya usahakan untuk
tidak berisik dan tidak mengganggunya.

Untuk anak Mbak, kalau memang mau potty training, ya siang hari itu bagus
buat diteruskan mbak, sebelum tidur siang mis. bisa juga diajak pipis dulu,
kemudian stl bangun tidur. Tapi selama dia bobok, kalau bisa sih jangan
diganggu ya.... Tau ngga' saya tuh seneng banget ngeliat bayi bobok, kok
kya'nya peace banget... makanya kan ada istilah "Sleeping like a baby".

Iya deh Mbak... gitu sharing saya....

regards,
Quinike