From: ariesanthy [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Thursday, August 24, 2000 3:47 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] KB hati-hati yaaa..

Dear Ibunya Rayhan dan mamanya Nanda,

Kalo pengalaman saya dengan IUD sangat buruk sekali. Saya akan share disini
:

Seperti mamanya Nanda saya pasang IUD waktu putri saya berumur 40 hari (sama
juga, saya sebelumnya sudah diukur kedalaman rahim, kondisi / kesiapan rahim
,dll) dan saya sbg muslim tdk melanggar masa Nifas (yang ditentukan 40
hari).

Setelah 2 bulan pemasangan (disalah satu RS. di Jkt), saya kembali kontrol
u/ mengecheck filamen IUD tsb, pada saat itu dokter mengatakan bhw IUD saya
HILANG dan filamennya tidak bisa teraba!!...aduh....serem banget deh waktu
itu. Saat itu juga dokter mencari dgn USG dalam, dan dokter menyatakan bhw
IUD tersangkut dan tembus ke Uterus (kebayangkan tuh "Cover T" bisa
lari-lari kesana, gimana coba????).

Kemudian dokter memutuskan u/ mengambil Cover T itu dgn cara mengaitnya dari
luar, aduh....saakiiiit sekali yang saya rasakan pada saat itu, dan ternyata
bukan berhasil tapi malah GAGAL. Setelah usaha yg pertama gagal, dokter
membawa saya yg sudah 1/2 pingsang ke UGD, disana saya dibius dan coba
"PENGAITAN" kedua...hasilnya.......GAGAL!!.

Keputusan terakhir akhirnya saya akan dibawa ke RS. Raden Saleh u/
diteropong, tapi malang sudah terlanjur berada pada saya, sebelum sempat
dibawa ke RS. tsb saya sudah tidak sadarkan diri dan ternyata yang terjadi
adalah saya mengalami 'Uterus Ruptur' atau Kebocoran dinding rahim/ atau
Rahim saya sobek shg terjadi pendarahan didalam perut, tapi darahnya tidak
keluar atau merembes keluar. Langsung seketika perut saya jadi membesar
(berisi darah), dan HB saya saat itu hanya tinggal 3....can you imangine
that??. Suami, ibu, kakak dan saudara semua sudah kumpul ..mereka pikir they
going to lose me..ach..sedih sekali.

Tapi, Subhanallah, Yang diatas masih memberi waktu u/ saya, dokter langsung
mengadakan operasi untuk menstop pendarahan dan menjahit rahim yg sobek
(sobeknya 5 Cm). Operasi besar dilaksanakan, sekitar 2,5 jam, dan akhirnya
saya bisa sembuh spt sekarang ini..Alhamdulillah.

Yang bisa saya share disini, hati-hatilah terhadap semua tindakan medis yg
akan ditempuh dan pintar-pintar memilih KB , karena tidak semua KB berjalan
mulus seperti yg diharapkan. Sangat disayangkan kalau selama ini BKKBN tidak
mengekspos kegagalan KB di Ind. Dan saya salah satu yg menjadi korbannya,
dan kondisi rahim saya sekarang...yah..tidak seperti para ibu disini (Rahim
saya sudah diikat dan tidak boleh hamil lagi, atau bisa hamil tapi ditukar
dgn nyawa saya??).

Udah ah cerita sedihnya, saya aja udah cerah lagi. Dan saya cuma mau sharing
bukan mau nakut-nakutin loh...udah ya..sorry puanjang banget.

Salam manis

Arie