Rekan netters,
Mohon informasinya dong, apakah obat tetes telinga bisa digunakan untuk
melunakkan kotoran telinga ? So'alnya kemarin sore waktu saya membersihkan
telinga anak saya Wibi (5,5 thn) , saya dapati di telinganya bagian dalam
(nggak sengaja sih, lagi iseng aja nyenterin telinga anak saya) , kotorannya
keras dan susah diambil .Terus terang, saya emang enggak berani membersihkan
telinganya terlalu dalam. Selama ini saya pakai cotton buds yang dibasahi
pakai baby oil untuk membersihkan daun telinga dan telinga bagian dalam
hanya sebatas kapas yang ada di cotton bud itu. Menurut tetangga saya, jenis
kotoran telinga anak saya adalah jenis yang kering. ( Apa iya sih, kotoran
telinga ada berjenis-jenis ? )
Biasanya kotoran telinganya akan keluar sendiri berbentuk gumpalan kering.
( Enggak tahu juga, apakah ini 'biasa' atau 'aneh' ) jadi saya tinggal
mencongkelnya sedikit dengan cotton buds.
Tapi kejadian sore kemarin bikin saya cemas. Tetangga saya menyarankan agar
saya meneteskan baby oil aja ke telinganya, tapi saya enggak berani.
Mohon sarannya dong, so'alnya di kota saya agak susah cari dokter THT.
Makasih sebelumnya

Salam,

Kusumorinie (Ibunya Wibi & Asa)
Construction Management Team - Duri SBU