Waduh Mbak Tinuk....
masa lalu saya tuh.. anak saya sejak kecil memang susah minum susu. Baru
bbrp bulan terakhir ini saja mau minum susu.
Awalnya saya memang 100% ASI sampai dia umur 3 bulan, kemudian kita coba
beri ASI dalam botol, tapi dia ngga' mau. Susu formula segala macam merk
juga ngga' mau. Paling banter ya cuman dengan sendok kecil dan pipet (saya
pakai pipet bekas obat, tp disteril dulu). Jadi ya kalau saya pergi,
terpaksa anak saya dipipetin susu. Ya, meski masuk cuman sedikit, lebih baik
lah drpd tidak sama sekali. Kalau saya ada, ya disusuin sebanyak mungkin.
:-)
Kata DSA-nya tetap aja terus dikasih botol, nanti kalau lapar kan bakal
nyedot... tapi kenyataannya... ngga' bisa juga tuh! Mungkin krn sudah
terbiasa nyedot ASI langsung, jadi lidah dan mulutnya sudah terbentuk u/
itu, ngga' bisa nyedot pakai botol. Sampai dot-nya diganti macam-2, dicari
yg bentuknya dan kelenturannya paling mirip dg nipple ibunya.
Trus pada usia satu tahun, saya pakai cup tertutup... eh, dia malah mau
nyedot, tapi tetep aja sih ngga' mau susu juga (saya pakai susu segar maupun
susu formula). Cuman mau juice. Trus diakalin, juice + susu... hasilnya
meringkil! Akhirnya sama semua juice saya coba, susu bisa ketemu juice jeruk
concentrate... ngga' meringkil! Ya sudah sejak saat itu, minumnya cuman susu
+ juice jeruk. Ini skr saya baru mulai kurangi juicenya... moga-moga mau
susu tok deh!
Kya'nya kalau Mbak tanya sama DSA-nya, pasti juga disuruh bersabar deh...
cobain pake' botol terus menerus, tunggu bayi lapar....

Saran saya sih, selama Mbak sempet, susuin aja si kecil sesering mungkin.
Mis. pagi sebelum kerja dan sepulang kerja - pagi. Trus selama kerja, ASI
boleh di-pump dan disimpen dalam cooler dingin. ASI ini nantinya bisa u/
campuran cerealnya. Jadi ngga' kebuang. Mustinya sih anak Mbak umur 6 bulan
udah mulai kenal solid food donk ya!

Iya deh Mbak... moga-moga si kecil cepet mau beradaptasi...

regards,
Quinike