Mbak Tinuk,
saya juga punya masalah serupa, ketika saya mulai masuk kerja anak saya
(sekarang 6 bulan) susah sekali minum susu pakai botol (baik formula maupun
Asi).
Tetapi kalau Asi masih lumayan agak mau. Saya sudah berusaha mengganti dot
dan botolnya, berbagai merek saya coba tetapi dia hanya mau menggunakan Dot
Cicho dari karet yang berwarna coklat. Mungkin hal ini disebabkan dia minum
susu botol pakai dot sejenis ketika baru lahir (waktu itu Asi saya belum
keluar).
Semua tips dan saran sudah saya ikuti untuk memberikan susu padanya. Katanya
kalau lapar pasti dia mau. Menurut DSA nya dibiarkan saja, toh nanti kalau
dia tahu bila dot itu dihisap keluar cairan (susu) nya dia pasti mau, tetapi
tetap saja susu yang masuk sangat sedikit, bahkan kalau dia lapar diberi dot
malah menangis. Jadinya memberikan minum membutuhkan kesabaran, kadang
karena sudah kecapekan menangis dia tertidur sementara susu yang diminumnya
baru sedikit sekali.
Akhirnya sekarang untuk pemberian susu formula harus pakai sendok, meskipun
yang masuk sedikit tetapi paling tidak lumayan daripada tidak sama sekali.
Untungnya dia masih mau pakai dot kalau isinya Asi (tapi kadang disendoki
juga). Selain itu kalau memberi makan bubur saya tambahkan susu formula.

Sampai sekarang pertanyaan saya mengenai resep makanan bayi 6 bulan ke atas
kok nggak ada yang balas ya? tolong dong...!!!!