Pak,

putra saya juga jadi engga doyan susu semenjak dia mengenal bubur susu dan buah (umur
4 bulan). Susunya dulu juga S-26. Bahkan sebenarnya sampai sekarang pun putra saya
tidak mau minum susu kalau dari botol. Jadi, saya berikan dengan cara disendokin.
Lumayan tuh, sekarang (16 bulan usianya) sehari mau minum susu 3 gelas banyaknya, ya
itu...dengan cara disendokin. Saran DSA juga begitu.

Lalu, mengenai susu kedelai, kalau dari susu kaleng seperti Nutrilon Soya dan merek
lain saya rasa tinggal mengikuti petunjuknya saja (Susu untuk konsumsi bayi usia
berapa biasanya tertera kan di kalengnya). Tapi, kalau susu kedelai buatan sendiri
saya tidak tahu apakah bayi dibawah 6 bulan sudah boleh mengkonsumsi itu. Soalnya,
pada bayi di bawah usia 6 bulan dia hanya bisa mencerna protein dengan kadar tertentu,
kalau terlalu tinggi, pencernaannya belum kuat. Akibatnya bisa diare atau susu itu
tidak bisa diabsorb oleh pencernannya, jadi malah percuma saja kan ?

Semoga sharing ini bermanfaat. Oh ya, saya ada beberapa cara mengolah susu supaya mau
diminum sama anak saya, kalo Bapak mau, kasih tau lewat japri saja ya, nanti saya
kirimkan .

Salam !

mama jonathan