Mengenai pompa ASI sebenarnya yang terpenting adalah
jenis dan bentuk pompa tersebut. Dari artikel sebuah
tabloid (NOVA saya lupa edisi berapa, soalnya saya
pinjem sih) menyatakan bahwa pompa asi yang banyak
beredar di pasaran dengan bentuk terompet adalah
bentuk yang sangat tidak disarankan, karena dapat
merusak jaringan di sekitar payudara. Hasilnya bukan
memperbanyak ASI justru bisa mengurangi produksi ASi
itu sendiri. Sementara bentuk yang disarankan adalah
yang berbentuk seperti spuit suntikan itu. Memang pada
waktu digunakan katanya terasa sakit. Tapi jenis
itulah yang direkomendasikan. Saran saya sih lebih
baik kalo memang mau dicoba dikeluarkan pake tangan
saja dengan cara diurut, meskipun agak makan waktu
dibandingkan dengan pake pompa. Kalo memang produksi
ASI nya sedikit mungkin yang lebih baik adalah lebih
banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang berpotensi
untuk produksi ASI. Dan terus dicoba untuk menyusui
bayi, karena semakin banyak si bayi menyedot ASI maka
produksi ASI nya pun Insya Allah akan meningkat. Atau
kalo biasa minum jamu untuk lancar ASI bisa juga
dicoba.

Wassalam
Ummi Syasya