From: Yenni Afrianti [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: 02 October 2000 13:15
To: '[EMAIL PROTECTED]'
Subject: RE: [balita-anda] Hidung tersumbat

Bu Yani,
Dari milist ini saya pernah dapat resep tradisional untuk batuk dan pilek.
Untuk pilek dikasi sari kunyit yang ditambah madu pagi dan malam hari,
sedangkan untuk batuk dikasi sari kencur yang juga ditambah madu.
Kalau memang Farhan batuk pilek karena alergi mungkin dapat dicari apa
sumber alerginya, seperti yang mamanya Dafi bilang bisa aja anak batuk pilek
selain disebabkan oleh alergi debu juga karena alergi udara dingin.  Dan
tetap waspada terhadap debu kasur, debu dari horden, sprei, karpet, boneka,
dsb.  Untuk kasus Farhan dan Raihan mungkin masih ada sisa" debu yang
dibersihkan pada siang harinya, sebaiknya untuk membersihkan debu dapat
menggunakan vakum cleaner ataupun dengan menggunakan lap basah, jadi
kemungkinan debu berpindah ke tempat lain sangat kecil.  Anak tidak akan
sembuh kalau sumber alergi ini tidak dihilangkan, dan rasanya sayang sekali
kalau dibawa ke dokter hanya dikasi obat batuk pilek biasa.
Menurut saya kalau memang bukan karena alergi, untuk mencegah dan mengobati
penyakit ini adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh si anak. Biasanya
kalau Naufal batuk pilek saya memberikannya air jeruk hangat yang ditambah
madu, selain itu saya buatkan sop ayam (baik itu dari ceker, paha ataupun
dada ayam).  Konon kabarnya sop (kaldu ayam) ini dapat mempercepat
penyembuhan batuk pilek, dan setelah dicoba ke Naufal memang terbukti
khasiatnya.  Oya, dulu waktu Naufal batuk yang cukup parah oleh DSAnya
dilarang mengkonsumsi tomat, waktu itu saya tidak menanyakan lebih jauh
kenapa tomat dilarang, seingat saya ada juga pengalaman dari anggota balita
anda tentang buah tomat ini. Demikian bu Yani, semoga ini dapat membantu
ya......dan semoga Farhan dan Raihan cepet sembuh.

Mamanya Naufal

This e-mail and any attachment contains information which is private
and confidential and is intended for the addressee only.
If you are not an addressee, you are not authorised to read, copy or
use the e-mail or any attachment.
If you have received this e-mail in error, please notify the sender
by return e-mail and then destroy it.