Mo ikutan yach..
Saya juga dulu selalu pikir buku-buku yang saya bacain ke Kay (18bln) nggak
ada yang didengerin atau cuma sepintasan aja karena dianya gak bisa diem dan
selalu lari kesana kemari. Tapi ternyata saya salah.  Karena sekalipun dia
lari kesana kemari, dia tetap nangkep dan ngikutin cerita yang dibacain.
Saya juga baru sadar belum lama ini. Jadi saya selalu bacain buku
Poldy'( terbitan TigaRaksa) ke Kay sejak dia masih umur bulanan deh,  sampai
saya hafal cerita dan kalimat-kalimatnya saking seringnya saya baca. Jadi
kapanpun saya baca or cerita ke Kay, sambil saya ngerjain yang lain dan
sambil Kay main. Dan sempat saya agak jarang deh bacain dia cerita itu
karena saya kadang frustrasi sendiri kok dia nggak ngedengerin. Dan satu
kali saya keabisan cara buat nidurin Kay, so saya ceritain aja tentang si
Poldy itu dengan gaya dan improvisasi sendiri. Dan ada satu bagian yang
selalu saya selipin ketawa "hahaha"  yang ternyata dia inget banget. Jadi
sebelum saya sampai di "hahaha" itu dia udah ber "hahaha" duluan, sambil
ngoceh sesuatu sesuai nada saya biasa ceritain ke dia. Sayanya sampe bengong
karena gak nyangka. Dan sesudah itu saya puterin kaset dari cerita yang sama
sekedar mau ngetest dia hafal nada saya atau ngerti ceritanya, ternyata dia
tetap tau dimana "hahaha" itu harusnya ada.
Jadi akhirnya saya giatkan aja lagi kegiatan cerita bercerita dan baca
membaca, karena bagaimanapun reaksi dia, sebenarnya semua direkam. Cuma saya
memang konsentrasi ke 1 buku dulu, karena saya inget 'child loves
repetition',  jadi seminggu 1 buku, diseling sama buku buat berikutnya.
Gitu deh, sorry kapanjangan..

Salam,
Mia - mamanya kay