Mamanya Dhe & Diva,
Kalau saya pribadi cenderung untuk tidak mencurigai dulu, soalnya mengingat
gimana perasaan kita bila kita jujur tapi orang lain mencurigai kita,
sakitkan?  Nah gimana sebelum kita periksa tasnya, kita periksa dulu barang
kepunyaan kita sekeluarga, ada yang hilang nggak, terutama barang" berharga.
Kalau nggak ada yang hilang rasanya nggak pantes ya.......membongkar tas
orang, setau saya dalam agama Islam su'uzhon (berprasangka buruk) terhadap
orang lain itu dosa. Apalagi selama ini mereka jujur" saja.  Kecuali kalau
tujuan kita lain pengen tau apakah mereka membawa semua barang kepunyaan
mereka atau tidak dengan maksud pengen tau apakah mereka akan pulang lagi
kepada kita atau tidak.  Kalau mereka yang minta kita periksa tasnya, kita
bilang aja, kita percaya sama mereka dan tolong jaga kepercayaan yang kita
berikan, dilain hal katakan juga bahwa Yang Maha Kuasa mengetahui segala
sesuatunya, dan nggak akan berkah bila kita mengambil hak orang lain. Gitu
mbak...semoga dapat membantu mengatasi kebingungannya ya...........

Mamanya Naufal