Mama Syafa,
Syafa baru mulai dengan solid food ya...
Setahu saya, pisang memang bikin mampet (bab keras).
Untuk sementara, pisangnya distop dulu aja. Pepaya cukup membantu
melancarkan bab lagi. Kalau Mbak Mega sempat ke toko, beli Gerber 1st food
buah prune. Ini sangat membantu. Kalau perlu sediakan di rumah bbrp botol.
Jadi kalau sampai suatu saat, Syafa mengalami susah bab, berikan buah
prune ini.
Dan sebaliknya, sediakan juga buah pisang, jadi kalau pas mencret, dikasih
buah pisang (rice cereal juga bisa) supaya mampet.

Yang membantu lagi, adalah jeruk (tapi saya lupa, apakah 4 bulan sudah
boleh minum jus jeruk belum ya..?). Dan jangan lupa, pemberian cairan
(susu dan air) juga diperbanyak supaya babnya jadi lembekan.

Lalu, jika Syafa sudah mulai ngeden mau bab, bisa juga lubang babnya (maaf
: anus), ditetesi baby oil, ini untuk memperlancar bab yg keras, dan
menjaga agar mucosa anusnya tidak lecet.

Ya, segitu sharing saya. Semoga bermanfaat!

rgds,
Quinike