Menyambung soal imunisasi/vaksinasi, saya ingin tanya mengenai vaksinasi
MMR.

Konon vaksinasi MMR ini dapat menyebabkan autisme pada anak. Dan pernah
dimuat beberapa kali di Republika (entah ada atau tidak di koran lain).
Apakah memang info ini benar atau bagaimana ?

Bahkan ada satu versi yang mengatakan bahwa imunisasi ini akan jauh
lebih aman jika dilakukan secara terpisah (yaitu M, lalu M, lalu R --
tidak borongan MMR). Apakah ini juga benar ? Jika ya, dimana yang sudah
dapat melaksanakan secara terpisah seperti ini ?

Kalau menurut DSA saya (kebetulan beliau juga seorang Professor),
katanya MMR ini masih aman. Adapun yang konon katanya menimbulkan
autisme itu bukan melulu dari MMR saja. Ada faktor lain. Tetapi
penjelasannya belum membuat rasa khawatir saya hilang............

Mohon dong sharing dari rekan-rekan sekalian.
Terima kasih.

( Bayu )