Betulll...HIB itu untuk mencegah radang selaput otak
(meningitis). Bayi paling rentan terkena meningitis
pada umur antara 2 - 6 bulan, oleh karena itu sangat
disarankan bayi sudah mendapat imunisasi HIB pertama
pada usia 2 bulan atau setidaknya sebelum 6 bulan.
Sampai dengan usia 2 tahun....bayi masih rentan
terhadap meningitis ini. Itu sebabnya dsa biasanya
sangat menganjurkan imunisasi ini bila anak kita belon
berusia 2 tahun.....lewat 2 tahun...si balita tidak
terlalu rentan lagi...tapi disarankan tetap mendapat 1
kali imunisasi hib.....bagi balita (di bawah 5 tahun).

Jika bayi ibu diimunisasi sejak usia 2 bulan, seingat
saya dia akan mendapat 3 kali suntikan HIB....kalo
diatas 6 bulan hanya 2 kali....di atas setahun cuma
sekali. Tapi, kalo engga salah loh...soalnya anak saya
semuanya disuntik 3 kali.

Sangat sulit bagi kita untuk mencegah anak tertular
HIB. Yang jelas kalau anak terinfeksi HIB...gejalanya
seperti flu.....ada batuk dan pilek terus biasanya
panas tinggi sekali. Awal tahun ini sulung saya 2,5
tahun panas tinggi seperti flu...sempat dicurigai
meningtis...walaupun dsa tau anak saya sudah
di-HIB...untung ternyata bukan.

Kata dsa...kalau ketauan HIB dini...biasanya bisa 100
% sembuh dengan pemberian antibiotik dosis tinggi.
Kalau terlambat akan berkembang jadi
encephalitis...radang otak...nah yang ini sangat
berbahaya...resiko fatal ya anaknya meninggal...atau
kalau sembuh akan meninggalkan cacat karena kerusakan
otak....biasanya cacat mental dan fisik.

Semoga cukup jelas...tapi ini penjelasan sangat awam
loh...

Stella

--- Frida Mutiara Samosir <[EMAIL PROTECTED]>