On Tue, 29 May 2001 13:01:30 +0700
"Erny Handjoyo" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> bayi saya, 8 bulan mulai tumbuh giginya (depan bagian bawah) 3 hari yang
> lalu. berat badannya sekarang 9,5 kg & tinggi 78 cm. semenjak tumbuh giginya
> nafsu makannya jadi berkurang, hampir selalu makanannya tersisa dari porsi
> biasanya.
>
> apakah sebaiknya saya berikan vitamin (penambah nafsu makan ?) atau adakah
> obat tradisional untuk menambah nafsu makannya ? apakah nafsu makannya akan
> kembali dengan sendirinya ? tolong sharingnya.

Kalau tumbuh gigi, memang biasanya rewel dan malas makan karena sakit.
Kan gigi tersebut harus menembus jaringan gusi, itu yang menyebabkan
sakit.  Biarkan saja dan jangan dipaksa untuk makan, nanti malah trauma.
Kalau giginya sudah muncul, nanti membaik lagi.

Berikan teether yang didinginkan di kulkas untuk digigit dan bisa
mengurangi rasa sakit pada gusinya.  Vitamin yang dimaksudkan untuk
menambah nafsu makan hanya efektif kalau penyebab kurangnya nafsu makan
itu memang karena kekurangan vitamin tsb. Kalau penyebabnya lain,
misalnya mau tumbuh gigi atau ada masalah dgn pencernaan, maka vitamin
itu tidak efektif.

Semoga membantu.

Regards,
F e r o n a