Halo...
Mengajar bicara sebetulnya ngga' susah kok!
Asal kitanya telaten dan cerewet... :-)

Yg jelas, kitanya sendiri [adult] musti ngomong yg betul, jangan niruin
bahasa bayi [cedal/pelo]. Dengan cara ini, sang anak mendengar orang
dewasa bicara betul, jadi dia akan menirukan cara bicara yang betul.

Interaksi.
Biasakan memberi pertanyaan pilihan pada si anak. Jadi dia punya
kesempatan menjawab [:berbicara]. Mis. Anak mau makan nasi atau roti?
Pertanyaan tsb lebih baik drpd : Anak mau makan nasi? [biasanya dia akan
jawab, ya atau tidak].

Perjelas.
Anak2 klu omong kan suka kurang jelas. Perjelas maksudnya dengan kata2 yg
benar. Mis. anak bilang: maam. Kita bilang, oh, maksudnya "makan".
Lalu, ada juga kata2 dia yg suka kita tdk mengerti. Berusahalah menebak
maksudnya sampai ketemu. Pengalaman saya, anak saya wkt 15 bulan bilang :
cha-ta. Nah, lho, susah kan... akhirnya saya tanya, chata itu apa, ada di
mana. Dia bisa kasih tahu, benda itu ada di kulkas, berarti, makanan nih!
Kemudian cari2, makanan yang mana... satu2 saya tunjuk, akhirnya ketemu...
setelah hampir seluruh kulkas ditunjuk :-) Chata means strawberry buat
dia! Ya, lalu, klu dia minta chata, saya bilang : strawberries.
Sekarang... ya udah bisa bilang dg betul...

Ya gitu deh, ingatkan juga para pengasuhnya agar melakukan hal yg sama, dg
demikian anak dapat cepat belajar bicara.

Semoga berguna!

best regards,
Quinike

Yonokum
Subject: [balita-anda] belajar bicara
Date: Mon, 18 Jun 2001 00:11:46 -0700

Hai netters , anak saya 19 bulan tapi bicaranya cuman emoh, maem belum
bisa
yang lainnya.
Bagaimana cara mengajar bicara , supaya anak cepat bisa bicara?

Terima kasih sebelumnya.

Yonokum