Ikutan sharing sedikit saja utk masalah hubungan TV dg kemampuan bahasa.

Dari banyak hasil penelitian yg saya baca, TV "ITSELF" tidak akan mampu
meningkatkan kemampuan bahasa anak.
Menonton TV yg paling efektif adalah bersikap SELEKTIF dan AKTIF.

Selektif tentunya kita semua sudah tahu, tapi kadang2 yg kelihatannya biasa
buat org dewasa akan berakibat fatal buat anak2. Contohnya adalah misalnya
ada iklan jagoan yg terbang (saya tdk tahu di Indonesia ada atau tidak),
anak yg masih belum mampu menyerap mana yg real dan mana yg tidak akan
terpengaruh ikut2-an 'terbang' dari apartemennya, dan berakibat fatal
seperti yg terjadi di Jepang. Atau, bagi yg punya eBook saya ("3 Tahun
Pertama yg Menentukan") pasti sudah baca cerita saya, bgmn pengaruh TV ini
berakibat fatal pada saudara sepupu saya sendiri, krn kesalahan dari
lingkungan keluarganya.
Memang kadang2 sulit memilih acara TV, krn acara anak2-pun tidak semuanya
'ramah' thd anak.

Bersikap aktif tentunya si kecil harus didampingi dan diajak bicara tentang
hal2 yg terjadi di TV tsb. Istilahnya adalah 'menonton dg aktif'. Soalnya
kebanyakan orgtua menjadikan TV sbg 'baby sitter' yg mendampingi si kecil.

Mungkin rekan2 sudah banyak yg tahu juga bahwa banyak ahli perkembangan anak
yg melarang anak dibawah usia 1 TAHUN utk nonton TV, karena gerakan
gambarnya masih terlalu cepat, shg menyebabkan anak menjadi
'overstimulated', dan berakibat pada anak yg menjadi gampang terkena
stress. Bahkan banyak yg mengatakan bahwa TV sama sekali tidak bermanfaat
bagi anak dibawah usia 2 tahun.

Tapi memang banyak pro dan kontra utk masalah ini. Yg jelas, banyak cara utk
menstimulasi anak utk berbicara, dan masing2 kita sendiri yg perlu
menerapkannya.

Sorry, bilangnya sedikit tapi jadinya kepanjangan.
Sudah dulu ah.... gantian yg lain ditunggu sharingnya.

salam,

Taufan