kalau menurut pengalaman dari keluarga saya., sebelum
2 tahun anak belum bisa bicara udah biasa deh.  Dulu
anaknya tante saya sebelum umur 2 tahun sama sekali
nggak bisa bicara(atau mungkin nggak mau ya?).  Tante
saya sempat stress juga., dia pikir anaknya itu bisu.
Tepat umur 2 tahun anaknya itu mulai mau bicara., dan
bicaranya banyaaak sekali dan sudah jelas.  Malah
sekarang dia lebih 'ceriwis' dari kakak2nya yang
perempuan.

Suami saya juga begitu., kata mertua saya sebelum umur
2 tahun suami saya tidak mau bicara sama sekali.
Kalau minta sesuatu selalu nunjuk2., kalau minta makan
cuma pegang2 perutnya.  Tapi setelah umur 2 tahun
wah., ngomoooong terus., sampe orang2 di sekitarnya
kebisingan.

Sepertinya kita suka khawatir dengan perkembangan anak
kita karena kita sering membandingkannya dengan anak2
lain ya.  Kita pikir wah., anak itu 10 bulan kok sudah
bisa bicara lancar., anak kita umur 1 th lebih kok
belum bisa.  Nah., trus kita jadi khawatir.
Just be proud of your child dan berdoa semoga anak
kita dapat tumbuh dan berkembang dengan normal.
oh iya., jangan sekali2 menampakkan kekecewaan (dan
kecemasan) kita terhadap perkembangannya di depan
mereka., because they can feel it.  Takutnya mereka
akan merasa minder dan tidak percaya diri.

Jadi ya kayaknya belum perlu bingung deh kalo umur
segitu belum bisa bicara lancar., masih mending Alif
mau bicara kan bu?  Cuma ya memang perlu dilatih
terus., supaya anak bisa mengucapkan kata2 dengan baik
dan benar.

rgds,
umminya Ayyasy